Saturday, April 20, 2013

Tips dan Trick untuk menghindari harga obat yang mahal (Untuk Pasien)

Pada tulisan sebelumnya dibahas tentang pemberian obat mahal oleh dokter, kali ini saya ingin memberikan sedikit tips dan trick buat pasien yang masih percaya dengan obat generik (obat murah tapi bukan murahan) dan tidak setuju dengan harga obat menentukan efektifitas obat. Tips dan trick di bawah ini tidak di jamin keberhasilannya 100% karena beberapa faktor, termasuk ketersediaan obat generik untuk obat tertentu, keadaan sakit anda yang membutuhkan properti obat yang tidak terdapat pada obat generik, ataupun ketakutan anda terhadap wajah sangar dokter yang memeriksa anda :).



  1. Pasien selalu berhak meminta obat generik kepada dokter, karena itu jika anda mau mintalah dokter menuliskan resep obat generik. (jika bukan Obat Paten, lebih jelas tentang obat paten). Ingatlah bahwa kebanyakan dokter tidak akan menawarkan apakah anda mau obat generik, tetapi kebanyakan dokter akan memberikan anda obat generik jika anda memintanya.
  2. Tanyakan berapa kira-kira harga obat yang ditulis oleh dokter di resep, agar supaya anda bisa memperhitungkan keadaan uang anda, jika tidak cukup mintalah ganti dengan obat yang lebih murah, atau generik.
  3. Sampaikan keadaan keuangan anda kepada dokter, kebanyakan dokter masih manusia dan masih punya nilai-nilai kemanusiaan.
  4. Jika dokter tidak mengindahkan permintaan anda untuk minta obat generik (jika obat generik memang tersedia), kunjungi dokter lain pada kunjungan berikutnya.
  5. Jika anda sudah terlanjur berada di apotik, mintalah apotik mengganti obat dengan obat generik. Jika pihak apotik mengatakan perubahan resep harus sesuai permintaan dokter, mintalah pihak apotik menelepon dokter. Jika tetap tidak mau, pindahlah ke apotik lain terutama yang ada embel-embel BUMN nya.
  6. Jika anda sudah terlanjur membeli obat mahal tersebut, silahkan minum obat itu sesuai dengan petunjuk dokter, jangan di simpan saja di lemari es, atau di tempat perhiasan karena alasan obat tersebut mahal dan terlalu berharga untuk di minum :)


Catatan:

  • obat generik dan obat generik bermerek memiliki zat aktif obat yang sama, tetapi belum tentu dengan zat penambahnya, yang kadang-kadang memberikan properti tersendiri bagi obat, misalnya slow release yang menambah lama kerja obat, salut gula yang membuat obat tidak pahit ketika di masukkan di mulut, salut selaput yang membuat obat bisa melewati lambung tanpa rusak oleh asam lambung hingga lebih banyak yang di serap di usus atau mengurangi efek terhadap lambung, chewable atau obat dapat di kunyah, dll Kadang-kadang properti-properti ini sangat membantu anda meskipun harganya lebih mahal daripada obat generik.
  • obat paten, memang tidak punya generiknya. Jika dokter meresepkan obat paten kepada anda dan anda tidak mampu membelinya, tanyakan kepada dokter apakah ada obat dengan kasiat yang hampir sama, atau dari golongan yang sama atau mirip yang lebih murah
  •  kadang-kadang harga obat meskipun generiknya memang mahal, terutama obat-obat suntikan.
  • Jika ada tips dan trick dari anda, silahkan tulis dalam kolom komentar dari catatan ini. :)
Blessing

No comments:

Post a Comment